Resep Membuat Cilok Bandung - ANEKA RESEP MASAKAN INDONESIA

Post Top Ad

Senin, 06 Maret 2017

Resep Membuat Cilok Bandung


Hallo sahabatku, ANEKA RESEP MASAKAN INDONESIA, Kita jumpa lagi Pada Artikel ini. Pada hari ini , saya telah siap membagikan artikel sederhana buat anda. Yang anda baca kali ini dengan judul Resep Membuat Cilok Bandung, Kami berharap isi postingan Artikel JAJANAN PASAR, ini bisa bermanfaat buat kita semua.

Baca juga




Bahan yang diperlukan :

100 gram Tepung Terigu
100 gram Tepung Kanji
4 butir Bawang putih, haluskan
1 batang Daun Bawang
1 sendok teh Garam
1 sendok teh Merica
1 sendok teh kaldu bubuk
Air panas secukupnya

Bahan Sambal kacang :

100 gram kacang tanah, goreng dengan minyak panas
5 buah cabai rawit, haluskan
1 siung bawang putih, goreng
1 sendok makan kecap manis
2 sendok makan saus sambal
1 sendok teh garam
3 sendok makan minyak goreng untuk menumis


 
Cara membuat cilok bandung:

Campur semua bahan yang telah disiapkan, yakni tepung terigu, tepung kanji, bawang putih, garam, merica, kaldu bubuk dan bawang daun hingga rata dalam suatu wadah. 
Masukkan air panas ke dalam campuran tepung tersebut sedikit demi sedikit dan aduk terus menggunakan spatula kayu hingga adonan kalis dan dapat dibentuk dengan mudah.
Sebelum direbus, panaskan air dalam sebuah panic terlebih dahulu dan tunggu hingga mendidih. Anda dapat menambahkan minyak zaitun atau olive oil ke dalam air rebusan, jika tidak ada bisa juga menggunakan minyak goreng.
Bentuk adonan cilok menjadi bulatan-bulatan berukuran sedang kemudian rebus atau masukkan bulatan adonan tersebut dalam panci yang berisi air mendidih yang telah disiapkan sebelumnya.
Tunggu selama beberapa menit hingga cilok matang dan mengapung dipermukaan air. Jika cilok sudah mengapung tandanya cilok sudah matang dan dapat diangkat. 
Tiriskan cilok dan letakkan pada wadah atau piring saji. Cilok siap disajikan dengan sambal kacang atau cukup dengan saus kesukaan anda.

Cara membuat sambal kacang :

Goreng kacang dan haluskan bersama irisan bawang putih dan bawang merah goreng serta cabai rawit dalam food processor atau blender, atau anda juga bisa menghaluskannya dengan menggunakan ulekan. Beri setengah gelas  pada blender agar lebuh mudah dihaluskan.
Tuang 3 sendok makan minyak goreng dalam sebuah wajan, kemudian tuangkan campuran sambal kacang yang telah dihaluskan.
Tambahkan kecap manis, saus sambal dan gula pada sambal kacang dan aduk rata. Tunggu hingga adonan berwarna coklat agak gelap dan sedikit mengental. Sambal kacang sudah siap disajikan sebagai bahan pelengkap menyantap cilok bandung.

Cilok bandung yang anda buat juga bisa disisipi isian di dalamnya jika anda suka. Anda dapat menambahkan potongan daging sapi atau ayam pada cilok untuk menambah kenikmatan rasanya  (sumber : http://www.indirania.com/2016/10/resep-cilok-bandung.html )

Itulah tadi Sahabat ANEKA RESEP MASAKAN INDONESIA,sedikit uraian tentang Resep Membuat Cilok Bandung.

Oh ya kawan, sebelum anda meninggalkan halaman ini mungkin beberapa artikel pada halaman di bawah ini juga sedang anda cari.

Semoga artikel Resep Membuat Cilok Bandung yang saya bagikan di hari ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat buat anda semua. Oke, sampai disini dulu yaaaah....Lain kali jumpa di postingan artikel berikutnya.

Terimakasih anda telah membaca artikel Resep Membuat Cilok Bandung dan bila artikel ini bermanfaat menurut anda tolong bagikan ke rekan sanak saudara anda agar mereka juga tahu tentang ha ini, bagikan artikel ini dengan alamat link http://koleksi-masakan-indonesia.blogspot.com/2017/03/resep-membuat-cilok-bandung.html
/>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad